Minggu, 17 Juli 2011

Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

Anak yang sehat dan cerdas memang dambaan setiap orang tua, namun agar si buah hati kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan umurnya dan harapan kita tidak serta merta didapat begitu saja. Memang kata orang bakat seseorang sudah ada sejak dari dalam kandungan, namun agar anak tumbuh dengan optimal baik fisik ataupun mentalnya perlu dukungan dari luar. Diantaranya melalui stimulasi-stimulasi tertentu agar anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. Selain itu faktor makanan juga sangat berperan.
Pemberian asupan makanan bergizi baik sangat penting peranannya dalam tumbuh kembang anak agar anak tumbuh dengan sehat. Anak yang sehat berpotensi menjadi anak yang cerdas.

Ada beberapa makanan yang disebut-sebut sebagai sumber makanan bagi otak anak karena mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak anak. Diantara sumber makanan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Ikan dan Kerang - Kerangan
 Ikan dan kerang-kerangan merupakan sumber protein yang sangat baik karena mengandung asam lemak omega 3 yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Kandungan asam lemak yang terbaik terdapat pada ikan dari perairan laut dalam seperti salmon, tuna, tenggiri, makarel, sarden, dll. Ikan air tawarpun mempunyai kandungan asam lemak ini namun tidak setinggi yang terdapat pada ikan perairan laut dalam tersebut. Demikian juga dengan udang dan kerang-kerangan mengandungdung protein yang tinggi, namun mesti dilihat dulu apakan si anak memilihi alergi terhadap sumber makanan tersebut. Jika iya, hindari mengkonsumsinya atau segera hubungi dokter.
  • Telur
Telur adalah sumber protein yang murah meriah dan sangat terjangkau bagi masyarakat kita. Kuning telur ternyata mengandung lecithin yaitu asam lemak yang fungsinya untuk memudahkan pengangkutan dan penggunaan asam lemak. Lecithin ini sangat penting sebagai makanan otak, yaitu untuk membantu perkembangan memori atau daya ingat.
  • Daging Sapi
  Daging sapi mengandung zat besi yang merupakan mineral esensial yang akan membantu ketersediaan energi bagi anak-anak yang selalu aktif. Dengan mengkonsumsi daging sapi tubuh anak akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lain juga. Daging sapi juga mengandung zink yang dapat membantu memelihara daya ingat.
  • Daging Ayam
Daging ayam juga sumber protein yang baik dan mengandung semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Gandum Murni
 Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk menyuplai ketersediaan glukosa pada tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Hal ini karena tingginya kandungan serat yang terdapat pada gandum murni yang dapat mengatur pelepasan glukosa tersebut, sehingga mengkonsumsi gandum murni dapat membuat tubuh berenergi dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, mengkonsumsi gandum sebagai sarapan dipagi hari sangat baik agar anak memiliki energi yang cukup untuk aktivitasnya di siang hari.


  • Oat
Oat cukup populer di kalangan anak-anak. Oat  yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan ini kaya akan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan otak. Oat memberikan energi dan bahan bakar bagi otak yang sangat dibutuhkan untuk mengawali aktifitasnya mulai dari pagi hari. Oat juga sumber vitamin E, B, potasium dan seng/zink yang membuat tubuh dan otak berfungsi maksimal.
  • Beras Merah
 Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin dalam otak, yaitu senyawa kimia yang memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Makanan ini juga memberikan energi untuk jangka panjang dalam jumlah besar dan dapat menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, penting juga untuk agar anak tidur dengan nyenyak. Beras merah mengandung vitamin B kompleks yang sangat penting untuk kesehatan fungsi otak.
  • Kelompok Berry
 Strowbery, cerry, blueberry, dan blackberry masuk ke dalam kelompok berry. Secara umum. semakin kuat warna buah yang termasuk kelompok berry maka kandungan gizinya semakin tinggi.



  • Kacang - Kacangan
Kacang memilki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks, selain itu kaya akan kandungan serat, vitamin B kompleks, zat besi dan magnesium. Bermanfaat untuk membantu fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan sistem syaraf anak.
  • Buah dan Sayur
Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral, kedua zat ini berperan penting dalam pertumbuhan dan fungsi otak, vitamin B kompleks berpengaruh langsung terhadap fungsi otak, prubahan emosi dan prilaku. selain itu juga memegang peranan penting dalam pengubahan zat gizi menjadi sumber energi. Sayuran dan buah berwarna mengandung vitamin A, C dan E yang merupakan anti oksidan tangguh yang bermanfaat meningkatkan dan memperbaiki fungsi otak.
 Tomat, ubi jalar merah, brokoli, labu kuning, kecambah kacang hijau, jagung, jambu biji, pepaya, semangka, buah naga, apel dan anggur adalah sayuran dan buah yang kaya nutrisi serta sumber antioksidan yang akan membuat sel sel otak kuat dan sehat.

    • Susu dan Yoghurt
    Makanan yang terbuat dari susu mengandung protein dan vitamin B yang penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter (pengantaran rangsangan diatara sel sel saraf), dan enzim. Susu dan Yoghurt juga kaya akan protein dan lemak dan mengandung kalsium serta vitamin D. Seperti diketahui vitamin D sangat penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel manusia secara keseluruhan, serta sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

      • Keju
      Keju merupakan sumber protein yang baik untuk memacu kerja otak, selain itu kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang anak. Keju mengandung sejumlah vitamin yang terdapat pada susu kecuali vitamin C yang menjadi rusak akibat proses pengolahan.

          Itu diantara sumber makanan yang sangat baik untuk perkembangan anak kita, so bunda, yuk mulai sekarang kita beri anak kita asupan yang terbaik untuk mereka agar tumbuh kembangnya dapat optimal, sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas dan sempurna.

          Sumber referensi : Games Therapy untuk Kecerdasan Bayi dan Balita (Effiana Yuriastien, S.Psi, Daisy Prawitasari, S.Psi, Ayu Bulan Febry K.D,S.KM)

          Please komentar, tips n triknya ya bunda buat di share ma bunda2 yang lain.

          Kata kunci : Makanan terbaik untuk pertumbuhan otak anak, tumbuh kembang anak, makanan yang membantu tumbuh kembang anak, jenis makanan yang baik untuk otak anak, tumbuh kembang balita didukung oleh makanannya, yang mempengaruhi perkembangan otak balita, sumber gizi untuk pertumbuhan otak anak.

          1 komentar:

          1. trima kasih banyak informasinya

            persiapan mau jadi calon ibu
            InsyaAllah :)

            BalasHapus