Kamis, 14 Juli 2011

Masalah Anak Susah Makan

Anak yang bermasalah makan atau sudah makan memang sering kali membuat para orang tua khususnya bunda pusing dan stess, gimana engga, kita sebagai bunda pasti ingin anaknya tumbuh sehat seperti anak lainnya, makan makanan sehat sehingga perkembangannya baik sesuai usia, tapi gimana kalo anak kita susah makan? gimana nutrisinya bisa tercukupi, makan satu suap aja dah langsung aksi tutup mulut. pusing juga, entah makanannya yang ga ekan, anaknya ga doyan, ato anak lagi sakit, ato knapa? Tapi tenak aja bun, anda ga sendiri, hal ini juga dikeluhkan sama bunda bunda yang lain, gimana kita menyikapinya?
Kata para ahli sih bun, tiap anak tuh memang ada waktunya dia susah makan, selama anak kita masih terlihat sehat, aktif, ceria, masalah susah makan ini ga perlu dipusingin, cuma kita sebagai orang tua tetap harus trus brusaha nyari gimana solusinya. Ga perlu pusing bukan berarti membiarkan si anak dalam kondisi itu kan bun?
Biasanya anak mengalami fase susah makan ini mulai usia 18 bulan, mulai usia ini si anak mulai memilih2 makanan apa yang dia suka dan apa yang dia ga doyan. Pertama yang harus kita lakukan adalah mencari penyebab si anak ga mau makan. Biasanya ada beberapa penyebabnya.
* Anak lagi mau tumbuh gigi
Biasanya kalo anak mau tumbuh gigi memang agak rewel kan bun, malah ada yang sedikit demam dan disertai acara jadi susah makan, tapi hal ini biasanya ga lama, tunggu aja sampai giginya dah tumbuh, biasanya nafsu makan si anak akan kembali lagi.
* Anak bosan dengan makanannya
Disini bunda harus kreatif mencari menu agar anak tidak cepat bosan. Jangan memberi menu yang itu2 aja tiap harinya, cobalah kreatif mengolah menu sehingga membuat anak tertarik untuk mencobanya. Atau bunda bisa membentuk makanan dengan bentuk yang lucu2.
* Anak memilih makanan
Kebanyakan anak menolak untuk makan sayur, ini tugas bunda mengatasinya, karna sayur dan buah itu penting jadi kita harus berusaha agar ke 2 makanan itu bisa jadi menu wajib setiap hari. Biasanya anak yang telah terbiasa diberi sayur dan buah sejak dari MPASI tidak akan menolak untuk makan sayur pada umur selanjutnya, jadi memang harus dibiasakan sejak 6 bln+ untuk mengkonsumsi nya. Jangan membiasakan memberikan makanan instant yang mengandung pengawet dan penyedap, karna ini sangat berpengaruh pada pola makan anak selanjutnya. Untuk anak yang tidak suka makanan tertentu, kita bisa mengkombinasikan dengan makanan lain yang dia suka. Misalnya Omelet bayam keju, Nugget ayam sayur, dll.
Untuk anak yang menolak makan nasi, kita bisa mngganti asupan karbohidratnya dengan sumber lain, misalnya makaroni, atau sumber lainnya yang disukai anak.
* Anak terlalu aktif bermain dan tidak peduli dengan makanannya
Untuk kasus yang ini, kita bisa mengajak anak untuk mengolah menu kesukaannya. Ajaknya anak mulai dari belanja, suruh dia memilih apa yang dia suka lalu mengolahnya bersama. Biasanya anak akan sangat senang dilibatkan dalam acara memasak, karna balita biasanya mulai senang meniru pekerjaan orang dewasa. Selanjutnya tinggal makan bersama, dia pasti senang makan makanan haril kreasinya sendiri.

Begitulah kira2 bunda info kali ini, aku memang bukan seorang ahli gizi yang banyak tau, tapi cuma sering baca dan nyari info diberbagai media aja, karna aku juga sering mengalami masalah ini denga anakku, semoga bermanfaat, silahkan tip n trik ato komentarnya ya bun, kita bagi2 info aja biar bisa trus jadi bunda terbaik biat anak kita... :)) 


Kata kunci : Cara mangatasi masalah makan pada anak, macam-macam masalah makan anak, pola makan pada anak, menyiasati anak yang susah makan, menu alternatif anak susah makan, cara mengatasi anak susah makan, tips buat ibu yang mempunyai anak susah makan.

1 komentar: